3 Alat Musik Khas Melayu Riau

3 Alat Musik Khas Melayu Riau Gambus,Kompang dan Rebana Ubi


1. Gambus
Gambus Melayu adalah salah satu alat musik khas Provinsi Riau, dan alat musik ini sering di gunakan sebagai pengiring lagu-lagu religius atau keagamaan, pergeseran nilai spiritual kebersamaan  masyarakat melayu Riau semakin terjalin dari wakt-kewaktu sehingga peminat dari kesenian gambus ini semakin diminati oleh masyarakat Riau.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini alat music gambus tidak hanya di gunakan untuk iringan lagu-lagu religius serta sarana hiburan yang dimainkan secara tunggal bagi nelayan di atas perahunya, tetapi semakin di fungsikan sebagai pengiring zapin atau lagu-lagu melayu lain saat pementasan.

2. Kompang
Kompang adalah sekelompok alat rebana pada umumnya, kompang memiliki ciri-ciri tidak memiliki logam gemerincing di bagian tepinya, kompang adalah alat music yang biasanya penggunaannya dipadu dengan alat music gambus, dan dalam acara-acara kesenian khas melayu riau ataupun pawai adat alat music kompang ini harus tetap ada dan tidak boleh sampai ketinggalan.

3. Rebana Ubi
Alat Musik Rabana Ubi adalah alat music yang di tabuh saat upacara pernikahan adat Provinsi Riau, di mainkan saat penyambutan mempelai pengantin laki-laki yang datang ke rumah mempelai perempuan.
Rebana Ubi memiliki suara suara yang cukup keras, oleh karena itu alat music Rebana Ubi ini sering  dimainkan dalam meramaikan acara pesta pernikahan Adat Melayu Riau, dan orang yang memainkan alat music ini tidaklah sembaranagn orang, melainkan orang yang sudah terlatih secara khusus sehingga ketukan cirikhasnya tidak hilang.

Demikianlah Artikel tentang Alat Musik Khas Melayu Riau Kali ini Semoga Bermanfaat.

0 Response to "3 Alat Musik Khas Melayu Riau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel