Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar

Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar
image from google 

Nama Rumah adat dari provinsi Riau adalah Selaso Jatuh Kembar, ruamah adat ini di desain  model persegi panjang, dari depan tampak simetris.

Asal Usul Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar adalah Berawal dari tahun 1971 saat itu Pemerintah Pusat sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan Taman Mini Indonesia Indah sebagai salah satu objek wisata bertaraf nasional, dan di setiap daerah di wajibkan memiliki jenis rumah adat dari setiap daerahnya masing-masing, hal ini akan di perkenalkan di TMII sebagai pusat memperkenalkan kekayaan budaya yang berada di seluruh Indonesia.

Dan di Provinsi Riau Rumah adat Selaso Jatuh Kembar adalah rumah adat yang resmi menjadi icon provinsi Riau, Rumah adat Selaso pertama kali di rumuskan pembangunannya oleh  Gubernur Riau Arifin Ahmad yang menjabat pada saat itu, yang mana beliau membentuk 9 tim terdiri dari para budayawan melayu riau, tim yang di bentuk ini melakukan penelitian dan mencari referensi yang nantinya akan di jadikan sebagai acuan dasar pembangunan Rumah Adat Riau, referensi ini di dapat dari setiap daerah yang ada di provinsi riau.

Kemudian setelah melakukan riset dari berbagai daerah di Riau lahirlah arsitektur dari rumah adat riau ini Selaso Jatuh Kembar sebagai rumah adat resmi untuk Provinsi Riau.

Selaso Jatuh Kembar pertama kali di perkenalkan sekaligus di tetapkan menjadi rumah adat provinsi riau oleh gubernur riau Imam Munandar yang kala itu sedang menjabat sebagai Gubernur Riau.
Rumah Selaso Jatuh Memiliki Ciri-Ciri Sebagai Berikut:

1.              Rumah Selaso Jatuh dibangun lengkap dengan fentilasi pintu serta jendela, Rumah Selaso Jatuh tidak di lengkapi dengan kamar-kamar, karena rumah adat ini tidak difungsikan sebagai tempat tinggal keluarga.

2.              Bagian rumah semakin mengecil kebagian telo, dan itu biasa di gunakan sebagai ruang makanserta dapur.

3.               Rumah Selaso Jatuh memiliki satu buah selasar yang terletak di bagian depan.

4.               Di bagian tengah tengah rumah di buat bersekat menggunakan papan di antara selasar dan telo.

5.                Selaso Jatuh Kembar memiliki ornament selembayung di bagian atas atap rumahnya, di bagian bangunan yang lain diukir dengan dengan motif-motis khas melayu riau seperti; Motif Lebah Bergayut, Pucuk Rebung, Motif Selembayung dan lain-lain.

6.              Pada bagian Balai Rumah Selaso Jatuh Kembar terdapat selasar keliling dengan posisi tempat lebih rendah dari ruangan tengah.

Rumah Selaso Jatuh Kembar di Fungsikan Sebagai :

1.              Selaso Jatuh Kembar adalah bagunan atau rumah adat khas Riau yang di desain lengkap dengan pintu dan jendela, rumah adat Rumah Selaso Jatuh memiliki berfungsi sebagai tempat bermusyawarah atau rapat adat.

Demikianlah Artikel tentang Ciri-ciri dan Fungsi Rumah Adat Riau ” Selaso Jatuh Kembar” kali ini semoga bermanfaat.

Sumber Referensi :

0 Response to "Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel