Candi Muara Takus Adalah Salah Satu Situs Sejarah Yang Ada Di Provinsi Riau

Budaya Melayu Riau-Candi Muara Takus adalah salah  situs sejarah yang ada di Provinsi Riau, tepatnya berada di Desa Muara Takus XIII Koto Kabupaten Kampar Riau. jarak situs ini dengan Ibukota Provinsi Riau Pekanbaru kurang lebih sekitar 135 kilometer.

Para pakar situs purbakala belum mengetahui secara pasti kapan Candi Muara Takus ini dibangun, dugaan sementara bermacam-macam asumsi, diantaranya ada yang menyebutkan bahwa Candi Muara Takus dibangun pada abad ke-4,ada yang menyebutkan ke-7, ke-9, dan ada pula yang menyebutkan ke-11.

http://haluannews.com/read/5566/candi-muara-takus.html

Situs Candi Muara Takus ini di kelilingi dengan tembok dengan ukuran persegi yaitu 74 x 74 meter dan ketinggian kurang lebih  80cm,bahan untuk membangun candi terbuat dari batu pasir batu sungai dan batu bata yang tanah liatnya khusus diambil dari sebuah desa bernama desa Pongkai Pong artinya lubang dan kai artinya tanah, (bahasa tionghoa) yang terletak 6 kilometer di hilir situs Candi Muara Takus, berbeda dengan Candi yang ada di Jawa candi di sana terbuat dari batu andesit, areal Candi Muara Takus ini terdapat di pemukiman yang luasnya 1,5 x 1,5 kilometer sampai Sungai Kampar Kanan.

Selain Candi Utama, di Kompleks ini juga terdapat bangunan candi yang disebut Candi ulung, Candi bungsu , Mahligai stupa dan Palangka.

Candi Muara Takus adalah salah satu situs tertua di Sumatra, dan satu-satunya candi yang memiliki corak Budhis dan ini merupakan bukti bahwa agama Buddha pernah berkembang di kawasan ini, Konon Candi Muara Takus sudah ada sejak zaman kejayaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang Sumatra Selatan.

Pada tahun  2009 lalu Candi Muara Takus didaftarkan Untuk menjadi salah satu  Situs Warisan Dunia UNESCO.

Bagi saudara-saudara yang tinggal di daerah Riau khususnya atau di Seluruh Indonesia pada umumnya, tidak ada salahnya saudara menyempatkan liburan anda untuk melihat secara langsung keunikan  salah satu situs sejarah ter tua di Indonesia  yang belum banyak dikunjungi ini, Candi Muara Takus ini bisa anda jadikan pilihan untuk berwisata bersama keluarga.

Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat.


0 Response to "Candi Muara Takus Adalah Salah Satu Situs Sejarah Yang Ada Di Provinsi Riau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel